Thursday 3 November 2011

Kendaraan Berbahan Bakar Air

Kendaraan berbahan bakar air? Mungkinkah ada?

Saya hanya teringat akan diskusi-diskusi kecil yang kerap kali terjadi dalam kelas. Tentu saja tidak jauh-jauh dari permasalahan energi. Mau bagaimana lagi, memang ranah saya ada di sana. Cukup menguntungkan, karena kondisi ini membuat saya jadi lebih banyak berpikir dan peduli akan masalah energi.

Kali ini topik yang ingin saya angkat adalah mengenai bahan bakar. Pernah tercetus suatu pendapat, selama ini kita justru menggunakan tabungan energi untuk hidup. Ya, bahan bakar fosil terhitung sebagai tabungan energi. Lantas apa yang akan terjadi kalau tabungan itu habis? Padahal kita bergantung pada tabungan itu. Maka mulai bermunculanlah ide-ide untuk penggunaan sumber energi yang terbarukan.

Saya rasa jika kita memanfaatkan sumber energi terbarukan yang beragam itu tentu menuntut keberagaman jenis kendaraan juga. Kondisi ini malah menuntut ketidakefisienan tentu saja. Jadi yang pasti terpikir dalam benak adalah transformasi energi ke dalam bentuk yang lebih universal. Tentu saja listrik sebagai energi sekunder dapat menjadi jawabannya. Bagaimana tidak. Kebanyakan sumber energi primer dapat dikonversi menjadi listrik, dan listrik sendiri dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi. Sehingga dapat disimpulkan kendaraan dengan sumber energi dari listrik dapat menjawab permasalahan kita.

Jadi bukannya tidak mungkin kita berkendara dengan bahan bakar air. Karena air pun dapat dipergunakan untuk membangkitkan energi listrik.

Wallahu alam.

2 comments:

  1. bisa jadi sekarang belum memungkinkan, tapi siapa tahu suatu saat ada ilmu & teknologi yg membuatnya mungkin :D

    ReplyDelete
  2. bisa jadi saat ini belum memungkinkan, tapi siapa tahu suatu saat ada ilmu & teknologi yg membuatnya mungkin :D

    ReplyDelete

Just let me know that there is a comment here,,