Friday 8 April 2011

Delapan Kado Indah Tak Berbingkis

  1. Kehadiran
    Meskipun jarak nampaknya bukan lagi suatu penghalang, seringkali kita justru terlena oleh kemudahan berinteraksi di dunia maya sehingga melupakan hal yang lebih penting. Kehadiran kita bisa menjadi sangat berarti. Orang tua mungkin bisa sedikit melepas rindu dengan dikirimi pesan singkat atau ditelepon, tapi rasanya akan sungguh berbeda jika bisa benar-benar hadir di hadapan mereka.

  2. Mendengar
    Kebanyakan orang lebih senang bercerita dan didengar. Sehingga sedikit sekali orang yang mampu memberikan kado ini. Akanlah sangat menyenangkan bila keluh kesah dan cerita kita didengarkan. Oleh karena itu, dengan mendengarkan keluh kesah orang lain tentu dapat menyenangkan hatinya. Dengan posisi mendengarkan dengan penuh perhatian dan sedikit tanggapan (dapat berupa anggukan, senyuman, atau tatapan memahami) kita bisa memberikan efek yang lebih manis daripada sekedar mendengar.

  3. Diam
    Seperti halnya gambar, diam dapat menunjukkan berjuta arti. Lalu diam seperti apakah yang dapat dijadikan sebagai hadiah? Memberikan orang lain ruang yang lebih luas untuk bergerak dengan kita 'diam' juga dapat menjadi kado yang indah. Terlebih lagi jika dalam keseharian kita sering sekali mengomel, mengatur, dan mengeluh.

  4. Kebebasan
    Mencintai bukan berarti memberi kita hak penuh untuk mengatur kehidupan orang yang kita cintai. Orang tua saja tidak baik rasanya jika memaksakan kehendak pada anaknya. Sungguh, memberikan kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan di sini bukanlah berarti bebas bertindak semaunya. Memberi kebebasan berarti memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas apa yang ia putuskan dan lakukan.

  5. Keindahan
    Siapa yang tidak senang melihat keindahan. Oleh karena itu, tampillah indah di hadapan orang yang kita cintai, seperti di hadapan orang tua dan sahabat-sahabat kita. Selain penampilan, menciptakan suasana indah di lingkungan juga dapat menjadi hadiah yang manis. Misal merapikan kamar kos.

  6. Tanggapan Positif
    Tanpa sadar kita lebih sering mengeluarkan tanggapan negatif. Ada yang salah sedikit, dikometari. Ada yang bagus sedikit, dibilang pengen sombong. Padahal, jika kita berkaca pada diri kita sendiri pun belum tentu semuanya sudah baik. Jadi tidaklah pantas kita mengata-ngatai orang lain dengan pembicaraan yang tidak baik. Akanlah lebih menyenangkan jika kita bisa menyebarkan aura positif dengan memberikan tanggapan-tanggapan positif kepada orang lain. Selain dapat membuat orang lain jadi lebih bersemangat, aura positif ini juga bisa mempengaruhi kita sebagai pihak yang menyebarkan. Jadi, tidak ada ruginya memberikan tanggapan positif.

  7. Kesediaan Mengalah
    Setiap orang senang menjadi juara. Tapi sedikit dari mereka yang dapat berbesar hati menerima kekalahan. Untuk masalah yang sepele sekalipun, orang-orang dapat bertengkar hanya karena memperbutkan siapa yang berhak menang (misal menang dalam berpendapat). Tentu kesediaan mengalah dapat mencegah suasana pertengkaran menjadi panas. Yakinlah bahwa dengan kesediaan mengalah itu kita jadi dapat bersikap besar hati.

  8. Senyuman
    Percayalah, kekuatan senyum itu sangat luar biasa. Pernahkah Anda mendapati seseorang tersenyum pada Anda padahal Anda sama sekali tidak mengenalnya. Tentu secara refleks Anda akan membalas senyumnya (setidaknya itulah yang saya rasakan). Senyuman, terlebih jika diberikan dengan tulus, dapat menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan, pencerah suasana yang muram, bahkan menjadi obat penenang di kala resah.
Jadi, kado seperti apakah yang hendak Anda berikan pada orang-orang yang Anda kasihi?

4 comments:

  1. :)
    sepertinya harus segera mempraktikkan no.3
    tapi yang lain merasa aneh ga ya? -_-

    ReplyDelete
  2. coba saja :D
    yah, tapi emang perlu dilihat waktunya juga,,
    kalo ga tepat malah bisa dikira lain lagi..
    misal, malah disangka marah ato ngambek..

    ReplyDelete
  3. jadi kesimpulan mnurut saya hadiah terindah bukan berupa barang yg mahal tapi perilaku menghargai dan menghormati itu hadiah yg terindah tak trlupakan.

    ReplyDelete
  4. setuju bang..
    tidak ada yang lebih indah dari penghargaan terhadap diri.. :D

    ReplyDelete

Just let me know that there is a comment here,,