Thursday 19 May 2011

Makan Tekwan dengan Jalan yang Benar

Selasa kemarin, dengan modal nekat bolos responsi elda (padahal H -1 ujian) demi memenuhi kewajiban yang lain, saya pergi bersama kakak-kakak kelompok Bima untuk kunjungan ke rumah ade Radhwa di Giri Mekar, Ujung Berung. Saya tidak akan menceritakan bagaimana dan seperti apa perjalanan untuk bisa tiba di sana, karena yang ingin saya bahas di sini adalah salah satu makanan khas Palembang yang baru di lidah saya, tekwan namanya.

Ketika tiba di rumah ade Radhwa, kami langsung disuguhi nasi, sayur, pepes ayam, dan tekwan tentu saja. Bunda Radhwa bilang kalau itu tekwan asli bikinan orang Palembang, neneknya Radhwa. Wah, girang sekali hati ini, akhirnya bisa juga nih nyicipin makanan yang namanya tekwan, gratis pula. Hehehe. Dengan semangat empat lima (tapi ditambah sedikit malu-malu), saya langsung ambil piring, menyentong nasi ke dalamnya, menyendokkan tekwan di atasnya, lalu di tambah dengan sedikit sayur di sampingnya. Kakak-kakak yang lain pun mengikuti di belakang saya.
Setelah semua siap dengan piring/mangkoknya masing-masing, kami berkumpul lalu mulai makan. Bunda pun menanyakan soal rasa tekwan buatan nenek Radhwa itu. Mmmh, jujur saja, karena saya belum pernah makan, jadinya saya tidak bisa berkomentar banyak, yang ada hanyalah celetukan senang karena bisa makan tekwan. Namun diam-diam ada kakak yang bilang, "Wah, Bun, ini tekwannya enak banget," yang setelah diusut memang asli orang Sumatera, wajarlah ya bisa berkomentar, "tapi saya belum pernah makan tekwan pake nasi."

Hahahaha. Meledak lah tawa di antara kita sambil melihat piring masing-masing (bagi mereka yang bukan orang Sumatera itu). Malu juga, apalagi saya yang ngawalin. Yah, meski gak aneh sih kalo makan baso pake nasi (di rumah juga suka kayak gitu), tapi tetep aja malu. Akhirnya sebagai pembelaan diri (plus biar bisa makan tekwan lagi), saya bilang aja, "Ya, Bun, nanti saya tambah lagi aja tekwannya. Tapi tambah dengan jalan yang benar."

#sayang, saya lupa gak mengabadikan nasi tekwan itu..hehehe

No comments:

Post a Comment

Just let me know that there is a comment here,,