Tuesday 25 August 2015

My First BBQ Party in Japan

Ini adalah kali pertama saya ber-barbekyu di Jepang, bersama sensei dan kawan-kawan lab, juga rekan-rekan dari laboratorium tetangga. Mayoritas yang datang adalah orang Jepang, dan dengan terbatasnya kemampuan saya berbahasa Jepang saat ini, percakapan yang terjadi mungkin tidak terlalu interaktif. Namun saya sangat senang karena mereka tetap berusaha membuat percakapan kami dapat saling dipahami.

Pesta barbekyu ini diselenggarakan di Shiokaze Park, Odaiba. Di taman ini memang disediakan area khusus untuk barbekyu. Kita bisa membuat reservasi terlebih dahulu. Untuk menuju area ini, dapat menggunakan Yurikamome line, dan turun di Daiba atau Funenokagakukan Station. Atau Rinkai Line kemudian turun di Tokyo Teleport Station. Info lebih lengkap tentang taman ini bisa dicek di sini.
Peta lokasi Shiokaze Park
Karena ini kali pertama saya mengikuti "pesta" dari lab, ada beberapa hal yang menarik perhatian saya.

Yang pertama, segala persiapan dilakukan bersama. Jadi semuanya dari kita, untuk kita. Tentu ada pihak yang diposisikan sebagai leader untuk mensukseskan acara ini. Sehingga keberjalanannya lebih terarah. Beruntungnya saya, yang menjadi leader untuk pesta BBQ ini berasal dari lab saya, sehingga memudahkan saya untuk mengkomunikasikan bahan makanan yang tidak boleh saya konsumsi. Meski saya baru memastikan bahwa saya akan turut hadir pada H-2, namun mereka dengan senang hati menyiapkan. "Fish and vegetables. Ok?" tanya mereka.

Yang kedua, semua biaya untuk pesta ini adalah udunan dari setiap peserta yang ikut. Benar-benar dari kita, untuk kita. Keuangan pun langsung dikelola oleh sang leader.

Yang ketiga, ada bahan-bahan yang cukup mengejutkan bagi saya. Labu. Heran rasanya melihat labu dibakar di atas bara. Tapi ternyata enak juga. Ada kerang yang mirip mata kebo (yang pernah saya makan waktu bertualang ke Sayangheulang). Lalu ada ikan yang banyak sekali telur di dalamnya, super banyak. Sepertinya volume telurnya lebih banyak dibandingkan dengan volume dagingnya. Saya lupa nama ikannya, dan ternyata memang telurnya itu yang jadi bagian utama. Hmm,, belum paham sih, tapi enak juga. Hehehe..

Yang keempat, bagaimana pun berantakannya saat barbekyu, semua peralatan dan sisa bahan makanan dibereskan. Sampah-sampah pun dikumpulkan, bahkan tetap dipilah-pilah berdasarkan jenisnya.

Yang kelima, acara diakhiri dengan foto bersama masing-masing lab. Seolah-olah tidak boleh dilewatkan ya mengabadikan momen kebersamaan ini. Tentu sensei pun turut berfoto.

Persiapan pesta barbekyu

Masih persiapan pesta barbekyu

Barbekyu sayuran dan kerang (yang kuning itu labu)

Ini dia kerang "mata kebo", sepertinya semua kerang yang seperti ini berpenutup sepola ya.

Ikan yang lebih banyak telurnya dibanding dagingnya
Menyenangkan sekali bisa menikmati pesta barbekyu bersama kawan-kawan baru. Berbagi cerita dengan segala keterbatasan kosakata. Semoga kegiatan berikut-berikutnya semakin menyenangkan.

(Shiokaze Park, 23 Agustus 2015)


No comments:

Post a Comment

Just let me know that there is a comment here,,