Wednesday 26 August 2015

Berlatih berbahasa Jepang - Pendahuluan

Selama studi di Jepang, tentu saya pun harus mampu berbicara bahasa setempat agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih leluasa. Berbekal belajar seadanya dari web dan buku saat di Indonesia, sempat juga ikut kelas komunitas (namun hanya sempat dua kali pertemuan), dan dilanjut sepuluh kali pertemuan di kelas bahasa jepang yang diselenggarakan pihak SIT (Shibaura Institute of Technology, lokasi studi penulis saat ini) tentulah belum cukup untuk menghadapi setidaknya tiga tahun mendatang. Perlu lah saya berlatih menggunakannya dalam percakapan. Bukan hal mudah untuk praktek nyata. Namun kalau tidak dicoba, mana bisa kemampuan berbahasa ini ditingkatkan. Hehehe..

Meski saya (saat ini) belum lancar dan mahir berbahasa Jepang, izinkanlah saya berbagi pengalaman dan pemahaman dalam belajar bahasa Jepang. Bila ada kesalahan dalam penyampaian dan membutuhkan koreksi silakan sampaikan melalui kolom komentar, sehingga saya dapat kembali belajar dan memperbaikinya dengan harapan semua dapat belajar dengan lebih baik lagi.

Di bagian pendahuluan ini, saya akan menuliskan buku dan web yang sempat dan/atau masih saya gunakan untuk belajar bahasa Jepang. Barangkali dapat dijadikan bahan referensi bagi yang berminat belajar bahasa Jepang juga.

Buku:

Minna no Nihongo I dan II (lebih suka yang tulisannya bahasa jepang semua, jadi melatih mata membaca, walau belum tamat bacanya, tapi saya rekomendasikan buku ini)

Web:

Japanese class (http://japaneseclass.jp/), di web ini tersedia quiz harian untuk kehadiran, dan quiz untuk setiap level pelajaran. Layaknya bermain game, jika benar menjawab maka exp kita akan bertambah, sedangkan jika salah akan berkurang.

Memrise (https://www.memrise.com/), di web ini tersedia course untuk berbagai bahasa, tidak terbatas pada bahasa Jepang saja. Kalau baca buku Minna no Nihongo, bisa cari coursenya juga di sini, kosakata yang dipelajarinya sama, sehingga lebih membantu.

Tentunya masih banyak buku dan web yang dapat digunakan. Tidak terbatas pada yang tercantum di atas.

Selamat belajar..

Benkyou o shimashou!

No comments:

Post a Comment

Just let me know that there is a comment here,,